INSTRUMEN
EVALUASI DIRI SEKOLAH
(EDS)
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
PUSAT PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2012
|
Responden Siswa SD
Petunjuk:
a. Angket
ini terdiri atas:
1) pertanyaan dengan jawaban berupa daftar
cek dengan simbol kotak (*),
2) pertanyaan dengan jawaban dengan simbol huruf, dan
3) pertanyaan dengan jawaban terbuka
disediakan tempat jawaban.
b.
Untuk pertanyaan dengan daftar cek, jawablah
dengan cara memberi tanda chek (P)
pada kotak (*)
di depan pilihan jawaban dan/atau menuliskan jawaban pada alternatif jawaban
yang masih kosong. Kamu dapat memilih lebih dari satu pilihan jawaban pada
pertanyaan daftar cek yang menurutmu benar.
c.
Untuk bentuk pertanyaan dengan skala
bertingkat, jawablah dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf di depan pilihan jawaban. Kamu hanya diperbolehkan memilih satu
alternatif jawaban yang menurutmu paling sesuai/benar.
d. Untuk
bentuk pertanyaan terbuka, jawablah dengan cara menuliskan pada tempat yang
tersedia.
IDENTITAS SISWA
Nama Siswa
|
: …. (boleh
tidak diisi)
|
Kelas
|
: ……………………….
|
Nama Sekolah
|
: ………………………
|
Alamat Sekolah
|
: …………………………
|
1.
STANDAR ISI
|
NO.
|
PERTANYAAN
|
|
1
|
Apakah kamu
menghadapi kesulitan dalam memahami pelajaran yang diajarkan gurumu?
a. Ya
b. Tidak
|
|
2
|
Apakah
contoh-contoh dalam pelajaran yang diajarkan gurumu dapat kamu temukan dalam
kehidupan sehari-hari?
a. Ya
b.
Tidak
|
|
3
|
Apakah kamu
mendapat pelajaran tambahan dari gurumu?
a. Ya
b.
Tidak
Jika ya,
kegiatan apa yang harus kamu lakukan?
£ Mengulangi pelajaran yang telah diberikan
sebelumnya
£ Mengerjakan pelajaran tambahan atau
pelajaran yang diberikan di kelas yang lebih tinggi
|
|
4
|
Apakah kamu
pernah meminta nasihat kepada gurumu?
a.
Ya.
b.
Tidak
|
|
Jika ya,
nasihat tentang apa?
£ Kemajuan belajar
£ Pergaulan dengan temanmu
£ Cita-cita
|
||
5
|
Apakah kamu mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler?
a.
Ya
b. Tidak
|
|
6
|
Apakah kamu bisa memilih kegiatan
ekstrakurikuler sesuai dengan kesukaanmu?
a.
Ya
b.
Tidak
|
|
2.
STANDAR PROSES
|
NO.
|
PERTANYAAN
|
1.
|
Guru yang menugasi siswa untuk membaca buku pelajaran
di perpustakaan
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
2.
|
Guru yang
mengarahkan siswa untuk tenang dan menyiapkan diri pada pembelajaran
yang akan berlangsung
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
3.
|
Guru
menyampaikan materi yang akan dipelajari pada awal pembelajaran
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
4.
|
Guru yang
melaksanakan pembelajaran dengan menyenangkan
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
5.
|
Guru yang penjelasannya mudah kamu pahami
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
6.
|
Guru yang mendorong siswa untuk bertanya
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
7.
|
Guru yang memberi hadiah atau pujian bagi siswa yang
berprestasi
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
8.
|
Guru menugasi kamu
untuk mencari informasi lebih banyak tentang materi yang telah
dipelajari
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
9.
|
Mata pelajaran yang menggunakan bahasa asing yaitu
£
Matematika
£
IPA
|
10.
|
Guru yang melaksanakan pembelajaran di luar kelas
(misalnya kebun, lapangan, masyarakat, perpustakaan, laboratorium,tempat
ibadah, dll)
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
11.
|
Guru yang memberi kesempatan kepada siswa untuk
berdiskusi
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
12.
|
Guru yang mengajak kamu atau temanmu untuk berlomba
dalam hal-hal yang baik
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
13.
|
Guru yang menyuruh kamu atau temanmu untuk mengikuti
pameran, lomba, turnamen, festival, dll.
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
14.
|
Guru yang menyuruh kamu atau teman-temanmu belajar
dalam kelompok
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
15.
|
Guru yang menyuruh kamu atau teman-temanmu
berbicara/tampil di depan kelas
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
16.
|
Guru yang memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan
tepat waktu
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
17.
|
Guru yang mengajak kamu atau teman-temanmu membuat rangkuman/simpulan ketika
pembelajaran hampir berakhir
£ Guru kelas
£ Guru agama
£ Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
3.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
NO
|
PERTANYAAN
|
1.
|
Guru membiasakan kegiatan sosial melalui:
¨ bakti sosial
¨ bazar/pasar murah
¨ menyalurkan zakat/infaq
¨ menyalurkan qurban
¨ kegiatan sosial lainnya, yaitu ….
|
2.
|
Guru menugaskan kamu dan teman-temanmu
untuk belajar lebih mendalam tentang materi pelajaran melalui:
¨ kunjungan ke perpustakaan
¨ kunjungan ke kebun binatang
¨ wisata alam
¨ internet
¨ kunjungan ke museum
¨ kegiatan lainnya …
|
3.
|
Guru mengajarkan:
¨ hemat energi (listrik, bensin, dll.)
¨ hemat sumber daya alam (air, kayu bakar,
dll.)
¨ berkebun/bertaman
¨ penanaman pohon/reboisasi
¨ cara membuat prakarya dari bahan bekas
pakai
¨ kegiatan lainnya, yaitu …
|
4.
|
Sekolah membiasakan kamu dan teman-temanmu
untuk hidup bersih, sehat, bugar, dan aman melalui kegiatan:
¨ kerja bakti
¨ senam kesegaran jasmani (SKJ) 1 minggu 1
kali
¨ lomba olahraga antarkelas
¨ lomba kebersihan antarkelas
¨ cuci tangan sebelum makan
¨ membuang sampah pada tempatnya
¨ kegiatan lainnya, yaitu …
|
5.
|
Sekolah memberikan penghargaan bagi siswa
berprestasi dalam:
¨ mata pelajaran
¨ olah raga
¨ seni
¨ agama
¨ lainnya, …….
|
6.
|
Sekolah menyiapkan kamu agar bisa
melanjutkan ke SMP/MTs melalui kegiatan:
¨ tambahan pelajaran
¨ Tes Hasil Belajar (THB)
¨ latihan Ujian Sekolah
¨ latihan tes masuk SMP
|
7.
|
Guru
mengajarkan kamu berkomunikasi efektif dan santun melalui kegiatan:
¨ membuat karya tulis
¨ membuat gambar/lukisan
¨ membuat laporan kegiatan
¨ latihan pidato/bercerita di depan kelas
¨ memiliki tradisi senyum, sapa, dan salam
(3S).
|
8.
|
Guru membiasakan penerapan ajaran agama
dengan cara:
¨ berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
¨ melakukan ibadah bersama
¨ menghormati guru dan orang tua
¨ memperingati hari-hari besar agama
¨ membantu warga sekolah yang memerlukan
¨ menolong warga masyarakat sekitarnya yang
kurang mampu
|
9.
|
Guru mengajarkan kamu menghormati perbedaan
budaya dan agama melalui kegiatan:
¨ peringatan hari besar nasional
¨ peringatan hari besar keagamaan
¨ pentas seni budaya
¨ peringatan hari besar internasional
¨ kegiatan lainnya, yaitu …
|
10.
|
Guru mengajar kamu untuk mentaati aturan dengan cara:
¨ datang tepat waktu
¨ memakai seragam
¨ tidak berkelahi
¨ tidak merokok
|
11.
|
Guru menyuruh kamu belajar berkelompok:
a.
Selalu
b.
Kadang-kadang
c.
Tidak pernah
|
12.
|
Guru memberi pengalaman belajar kepada kamu untuk hidup bermasyarakat
dan berbangsa melalui:
¨ pengambilan keputusan kelas secara
musyawarah
¨ upacara hari besar kenegaraan
¨ bakti sosial
¨ kegiatan lainnya, yaitu …
|
13.
|
Guru mengajarkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara dan
tanah air Indonesia kepada kamu
dengan cara:
¨ diskusi tentang keberagaman budaya
¨ peringatan hari besar nasional
¨ peringatan hari besar keagamaan
¨ pentas seni budaya
¨ kunjungan ke museum/tempat bersejarah
|
14.
|
Guru memberi kamu pengalaman belajar ilmu dan teknologi melalui:
¨ Kunjungan perpustakaan
¨ Praktik di laboratorium
¨ Penggunaan internet
¨ lainnya, …
|
15.
|
Guru yang memberi tugas siswa ke
perpustakaan dalam 1 bulan terakhir:
¨ Guru kelas
¨ Guru agama
¨ Guru penjasorkes
|
16.
|
Kegiatan praktik di lab/lapangan dalam 1
bulan terakhir:
a.
4 kali atau
lebih
b.
2 - 3 kali
c.
0 – 1 kali
|
17.
|
Guru yang memberi tugas kamu mencari bahan
pelajaran di internet dalam 1 bulan terakhir:
¨ Guru kelas
¨ Guru agama
¨ Guru penjasorkes
|
18.
|
Guru mengajarkan kamu untuk menyelesaikan
masalah lingkungan sekitar melalui:
¨ Pengamatan lingkungan sekitar
¨ Mengarang tentang alam sekitar
¨ Diskusi hasil pengamatan gejala alam
sekitar
|
19.
|
Guru mengajarkan kamu menyelesaikan masalah
sosial melalui kegiatan sbb:
¨ mengamati lingkungan sosial
¨ memilih ketua kelas
¨ diskusi
¨ kerjasama
|
20.
|
Guru melatih kamu menampilkan seni dan budaya dalam bentuk:
¨ pentas seni
¨ lomba seni
¨ pawai budaya
¨ lainnya, ……
|
21.
|
Guru membantu kamu untuk menghasilkan karya
kreatif dengan cara:
¨ melukis
¨ membuat kerajinan tangan
¨ membuat karya tulis/sastra
¨ membuat karya teknologi tepat guna
¨ lainnya, …
|
22.
|
Guru mengajarkan menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta sportif melalui:
¨ mata pelajaran pendidikan jasmani/olahraga
¨ ekstra kulikuler olahraga
¨ kegiatan luar sekolah ( meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan
lingkungan, berkemah, menjelajah)
¨ lomba olah raga antarkelas
¨ area bermain yang cukup luas
|
23.
|
Guru menanamkan kebiasaan hidup sehat melalui:
¨ lingkungan sekolah asri
¨ lingkungan sekolah bersih
¨ lingkungan sekolah sehat
¨ pengetahuan tentang penyakit dan cara pencegahannya
¨ penyuluhan narkoba/obat terlarang
|
4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
NO
|
PERTANYAAN/PERNYATAAN
|
1
|
Dalam pembelajaran, apakah kamu atau temanmu ada yang
tidak diperhatikan oleh guru?
a.
Ada.
b.
Tidak ada.
|
2
|
Apakah petugas perpustakaan membantu ketika
kamu meminjam buku?
a.
Ya
b.
Tidak
|
3
|
Di antara guru yang mengajar kamu saat ini, ada berapa
guru yang mengajar dengan bersemangat?
¨ Pendidikan Agama
¨ PPKn
¨ Bahasa Indonesia
¨ Matematika
¨ Ilmu Pengetahuan Alam
¨ Ilmu Pengetahuan Sosial
¨ Seni, Budaya dan Ketrampilan (SBK)
¨ Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
¨ Muatan lokal
|
4
|
Di antara guru yang mengajar kamu saat ini, ada berapa
guru yang sangat pantas untuk dijadikan teladan dalam hal perilaku?
¨ Pendidikan Agama
¨ PPKn
¨ Bahasa Indonesia
¨ Matematika
¨ Ilmu Pengetahuan Alam
¨ Ilmu Pengetahuan Sosial
¨ Seni, Budaya dan Ketrampilan (SBK)
¨ Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
¨
Muatan lokal
|
5
|
Di antara guru yang mengajar kamu saat ini, ada berapa
guru yang sangat pantas untuk dijadikan dalam dalam hal berbicara?
¨ Pendidikan Agama
¨ PPKn
¨ Bahasa Indonesia
¨ Matematika
¨ Ilmu Pengetahuan Alam
¨ Ilmu Pengetahuan Sosial
¨ Seni, Budaya dan Ketrampilan (SBK)
¨ Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
¨ Muatan lokal
|
5. SARANA DAN PRASARANA
|
NO
|
PERTANYAAN/PERNYATAAN
|
1
|
Kondisi ruang kelasmu dan perlengkapan yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Ruang bersih
£ Pencahayaan cukup
|
2
|
Kondisi perpustakaan yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
£ Peralatan
multimedia
|
3
|
Kondisi laboratorium IPA yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
|
4
|
Kondisi laboratorium bahasa yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
£ Peralatan
multimedia
|
5
|
Kondisi laboratorium TIK yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
£ Sambungan internet
£ Peralatan
multimedia
|
6
|
Kondisi tempat ibadah yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
|
7
|
Kondisi kamar kecil (toilet/jamban) yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Ruangan bersih
£ Ketersediaan air
cukup
£ Pencahayaan cukup
|
8
|
Kondisi ruang UKS/Konseling yang dimiliki adalah:
£ Sirkulasi udara
baik
£ Kebersihan terjaga
£ Pencahayaan cukup
|
9
|
Kondisi ruang tempat bermain/OR yang dimiliki adalah:
£ Ada saluran
pembuangan air (drainase)
£ Lahan tanahnya
datar
£ Bersih dari
benda-benda pengganggu
|
10
|
Bagaimanakah kondisi lingkungan di sekitar sekolah...?
£ Tenang
£ Indah
£ Bersih
£ Aman
£ Rindang
|
6. STANDAR PENILAIAN
|
Berilah tanda cek (P) pada kolom mata pelajaran untuk keadaan yang
paling sesuai dengan kondisi di sekolah mu.
MATAPELAJARAN: GURU PKN, BHS INDONESIA,
MATEMATIKA, IPA, IPS, SBK = GURU KELAS (WALAUPUN ADA JUGA YANG TERPISAH)
Berilah tanda cek (P)
pada kolom mata pelajaran untuk keadaan yang paling sesuai dengan kondisi di
sekolah mu.
NO
|
PERTANYAAN/PERNYATAAN
|
Agama
|
PKn
|
Bhs Indo
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas Orkes
|
Mulok
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
||
1
|
Apakah guru mata
pelajaran mengembalikan dan memberi masukan pada tugas yang diberikan kepada kamu?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Guru tidak pernah
mengembalikan tugas yang kami
kumpulkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Guru mengembalikan tugas
tetapi tidak memberi masukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Guru mengembalikan
tugas dan memberi masukan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru menyampaikan hasil penilaian
kepada kamu dalam bentuk:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Satu nilai pencapaian kompetensi
pada matapelajaran tertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Deskripsi kemajuan belajar dan pencapaian belajar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Satu nilai disertai
deskripsi tentang kompetensi yang belum dan sudah dikuasai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
PERTANYAAN/PERNYATAAN
|
Agama
|
PPKn
|
Bhs Indo
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas Orkes
|
Mulok
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
||
3
|
Bila nilaimu masih rendah, biasanya apa yang dilakukan gurumu?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Tidak melakukan
apa-apa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Memberi tes
ulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Memberi bahan bacaan kemudian
memberi kan tes ulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Membimbing
kemudian memberi tes ulang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Selama satu semester terakhir ini, apakah
kamu pernah:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*
Dites untuk ulangan harian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*
Diberi pekerjaan rumah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*
Diberi tugas membaca buku tertentu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*
Diberi tugas dengan diamati oleh guru sewaktu mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
PERTANYAAN/PERNYATAAN
|
Agama
|
PPKn
|
Bhs Indo
|
Mat
|
IPA
|
IPS
|
SBK
|
Penjas Orkes
|
Mulok
|
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
||
5
|
Apakah kamu pernah diberitahu oleh
guru tentang hasil ulangan kamu (misal, bagian mana saja yang kebanyakan kamu
tidak bisa)?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Ya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah orang tua kamu
diundang oleh sekolah untuk menerima raport
pada:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
setiap semester
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
setiap akhir tahun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
setiap akhir jenjang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment